Selasa, 28 Agustus 2012

Mengajar IPS dengan Buka Tutup Slide Powerpoint

Metode mengajar ini sangat gampang disiapkan dan dilaksanakan. Secara umum metode ini bertujuan untuk melatih kemampuan siswa dalam mengingat pelajaran dengan cepat.

Persiapan.
Mulailah dengan membuat slide powerpoint yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan. Kemudian buat soal-soal yang berhubungan dengan materi di slide tadi. Usahakan setiap slide mempunyai pertanyaan di slide berikutnya.

Contoh : Slide 1 yang berisi materi
 Contoh : Slide 2 yang berisi pertanyaan

Pelaksanaan.
1. Persiapkan siswa agar tenang dan dalam posisi masing-masing secara benar. Siswa diwajibkan mempunyai peralatan tulis yang lengkap, misalnya : pen dan stipo. Hal ini ditujukan agar siswa tidak meminjam temannya saat pembelajaran berlangsung.

2. Buku paket ditutup agar siswa hanya tertuju pada presentasi yang kita sampaikan dan kemudian membuka buku tugasnya.

3. Kemudian secara bertahap pada slide pertama guru menerangkan materi yang ada di slide tersebut (contoh gambar 1 di atas). Setelah selesai menerangkan materi kemudian lanjutkan pada slide berikutnya yang berisi pertanyaan (contoh gambar 2 di atas).


4. Siswa secara langsung menjawab pertanyaan tersebut sesuai dengan keterangan slide sebelumnya.

5. Ulangi hal tersebut sesuai dengan waktu pelajaran yang akan dilalui, biasanya ada sepuluh pertanyaan yang bisa kita buat untuk 2 jam pelajaran.

6. Setelah selesai semua pertanyaan dijawab siswa maka buku tugas dikumpulkan dan guru dapat menyimpulkan hasil pembelajaran pada saat itu.

Manfaat 
- Dengan metode itu kita bisa membuat siswa tetap fokus dalam pelajaran dan membuat siswa cepat mengingat materi pembelajaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut